Cara Lain Investasi Emas


Selain investasi emas secara fisik dengan cara mempunyai emas batang, emas perhiasan dan emas koin, ada cara lain untuk mendapatkan keuntungan dari pergerakan harga emas dunia tanpa harus memiliki emas dalam bentuk fisik. Cara ini termasuk sebagai sebuah usaha untuk mendapatkan keuntungan besar dengan modal yang sangat kecil dengan memanfaatkan pergerakan harga emas dunia yang selalu berubah tiap detik. Namun tentunya cara ini juga dibarengi dengan risiko yang besar. Cara yang saya maksud adalah gold trader.

Cara termudah dan terbaru investasi emas dapat dilakukan dengan cepat melalui sistem online melalui internet. Salah satu software terkenal adalah Marketiva.

Mungkin ada yang berfikir bahwa untuk bisa melakukan jual beli secara online dibutuhkan dana yang besar karena satuan yang digunakan adalah Troy Once. Artinya jika suatu saat harga emas 1000/Troy Once, untuk membeli satu Troy Once kita harus mengeluarkan dana sebesar 10 juta rupiah dalam sekali transaksi, padahal perhitungan transaksinya tidak seperti itu. kita hanya membutuhkan dana 1/100 untuk melakukan transaksi jual beli emas secara online.

Faktor-Faktor Penting

1. Modal

2. Transaksi. Transaksi dibagi dua yaitu transaksi long dan transaksi short. Transaksi long adalah transaksi yang kita lakukan jika kita memprediksi bahwa harga akan naik. Transaksi ini dilakukan dengan cara membuka transaksi beli. Jika harga naik, kita menutupnya dengan transaksi jual sehingga kita mendapatkan keuntungan. Transaksi short adalah kebalikan dari transaksi long.

3. Jam Transaksi. Transaksi jual beli emas dapat dilakukan selama 24 jam. Sistem transaksi 24 jam ini merupakan sebuah peluang bagi siapapun yang ingin menambah penghasilannya melalui internet karena dapat dikerjakan selepas jam kerja kantor.

4. Harga Bid dan Ask. Harga Bid adalah harga permintaan pasar. Harga ini akan kita gunakan ketika melakukan transaksi jual. Harga Ask adalah harga penawaran pasar. Harga ini akan kita gunakan ketika melakukan transaksi beli. Harga bid > harga ask. Selisih harga bid dengan harga ask disebut spread. Spread dinyatakan dalam bentuk poin, yaitu satuan terkecil dari sebuah pergerakan harga.

5. Quantity, yaitu jumlah emas yang akan kita transaksikan. Satuannya adalah Troy Once. Jika mengisi angka 10 di kolom quantity, bearti kita melakukan transaksi sebanyak 10 troy once emas.

6. Dana Margin. Dana margin merupakan dana yang harus kita siapkan untuk dapat melakukan sebuah transaksi jual atau beli. Jika menggunakan jasa broker seperti marketiva, sistem ayng digunakan adalah 1 : 100. Artinya, kita hanya membutuhkan modal sebesar 1/100 dari harga quantity yang kita transaksikan. Dana margin bukanlah dana yang hilang, melainkan dana jaminan. Jika transaksi menghasilkan keuntungan, dana margin tersebut akan kembali masuk ke rekening kita pada saat kita menutup transaksi tersebut untuk merealisasikan keuntungan.

7. Keuntungan dan kerugian, yang dinyatakan dalam bentuk poin. Setelah mengetahui keuntungan/kerugian dalam bentuk poin, kita terjemahkan dalam bentuk dolar AS. Besar keuntungan/kerugian dalam bentuk dolar AS adalah 1/100 dari jumlah poin. Contoh: Keuntungan yang kita dapat dari transaksi sebesar 300 poin. Keuntungan dalam bentuk dolar AS = poin : 100 = 300 : 100 = USD 3.

8. Dana tahanan. Pada sat kita melakukan transaksi dan kita memperoleh keuntungan/kerugian, pada dasarnya hal tersebut masih berupa potensi. Keuntungan /kerugian akan terealisasi jika kita menutup transaksi yang sedang terbuka tersebut. Dana tahanan adalah sejumlah dana yang kita miliki dalam rekening untuk menjaga sebuah transaksi tetap terbuka. Jika kita mengalami potensi kerugian yang jumlahnya lebih besar dari dana tahanan, kita akan mengalami sesuatu yang disebut margin call. Margin call adalah sebuah peringatan dini untuk segera menambahkan dana di rekening kita. Jika hal tersebut tidak dilakukan dan pergerakan harga semakin mergikan posisi transaksi yang kita miliki kita akan terkena force sell. Artinya penutupan paksa sebuah transaksi karena telah mengalami potensi kerugian yang melebihi kemampuan dana tahanan yang kita miliki.

Comments

Popular Posts